Minggu, 21 November 2010

MASALAH KESIANGAN.

Kesiangan memang sudah menjadi momok bagi setiap orang dalam hal bangun pagi. Mungkin bagi bsebagian orang bangun kesiangan sudah menjadi kebiasaan atau bahkan seudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tetapi hal itu tidak baik bagi mahasiswa, karena mahasiswa pada umunya banyak yang kuliah pagi. Jadi harus dituntut untuk bangun pagi agar tidak terlambat masuk kampus. Masalah kesiangan inilah yang menjadi faktor utama untuk menentukan prestasi seorang mahasiswa. Banyak mahasiswa mengeluh ketika dihadapkan dengan bangun pagi. Atau dengan kata lain harus dituntut untuk bangun pagi. Karena rata-rata dari mahasiswa mungkin malas untuk bangun pagi. Biasanya hal seperti ini terjadi kebanyakaan dari mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua. Atau hidup secara kost.
Alasannya mereka bermacam-macam soal kesiangan ini. Banyak yang bilang mereka karena tidur terlarut malam, ada juga yang bilang alarm tidak bunyi sehinggi mereka tidak terbangun, atau bahkan mereka tidak ada yang membangunkan karena tidur terlalu lelap jadi bangun siang. Tetapi rata-rata mahasiswa yang bertempat tinggal secara kost itu menghabiskan waktu dengan berkumpul dengan temannya sampai larut malam.
Padahal seandainya waktu nya tidak dibuang seperti itu atau diapakai dengan belajar, mungkin tidak akan sia-sia. Malah justru menguntungkan untuk mahasiswa itu sendiri. Ada juga yang berpendapat bahwa masalah kesiangan ini disebabkan oleh fisik mahasiswa yang sedang menurun atau sakit. Sebenarnya hal demikian tidak dapat dijadikan alasan untuk kita kesiangan. Kalaupun memang sakit lebih baik kita istirahat dan tidak perlu datang ke kampus dengan terlambat.
Hal seperti ini seharusnya dapat diatasi dari mahasiswanya sendiri. Kalau pun mereka ada niat dan kemauan untuk kuliah tidak akan ada masalah kesiangan. Cara yang terbaik untuk tidak kesiangan yaitu dengan kita niat untuk angun pagi, tidur tidak terlalu malam, kondisi fisik yang tetap dijaga atau dengan kata lain tidak terlalu lelah dalam beraktifitas , memakai alat bantu untuk membangunkan kita semisal alarm.
Hal itu semua sangat baik untuk diri kita. Apalagi dengan membiasakan diri untuk bangun pagi banyak manfaat bagi tubuh kita sendiri. Mulai dari badan lebih fit dan bugar, fisik lebih siap dalam beraktifitas, tidak cepat ngantuk ketika di kampus, terlihat lebih segar diabanding orang yang bangun siang. Dan yang lebih utama kita menjadi lebih sehat dengan biasa bangun pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar