Sabtu, 16 Oktober 2010

MASA DEPAN INDONESIA TANPA KORUPSI.

Korupsi adalah masalah terbesar yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Mendengar kata itu, tidak jarang kita langsung teringat pada para pejabat berkedudukan tinggi yang berbadan besar, berperut besar, dan dengan seenaknya menggerogoti harta rakyat tanpa belas kasihan. Sebenarnya kenapa dan untuk apa mereka melakukan hal seperti itu? Tentu saja untuk memperkaya diri mereka sendiri, tanpa sadar bahwa dirinya telah menyengsarakan orang lain. Entah memang tidak sadar, atau hanya pura-pura tidak sadar. Padahal mereka tahu betul apa bahaya yang timbul dari perbuatan mereka itu.
Korupsi telah menjadi “the way of life” bangsa Indonesia, merasuk hingga ke segala aspek kehidupan bangsa tidak hanya dalam birokrasi tetapi sampai pada perilaku kehidupan sehari-hari. Jika berbicara mengenai pemberantasan korupsi di Indonesia, rasanya bagaikan menggapai awan, karena setiap usaha yang telah dilakukan berakhir percuma atau paling hanya bertahan seumur jagung.
Pada dasarnya, masa depan suatu bangsa berada di tangan rakyatnya. Tapi, tetap saja yang dominan bertanggung jawab pada masa depan bangsa tersebut adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan, kekuasaan, dan wewenang. Memang saat ini korupsi sudah mendarah daging di tubuh anggota dewan pemerintahan. Tidak jarang dari sanalah banyak kita temui beberapa kasus korupsi. Mungkin mereka tidak merasakan dampak dari apa yang mereka lakukan sekarang. Tapi semua itu yang merasakan justru rakyat-rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa yang hanya menuntut janji-janji mereka sewaktu kampanye. Sampai sekarang pun bahkan saya rasa janji-janji mereka hanya sekian persen yang sudah dilakukan atau dijalankan.
Mungkin, bagi mereka yang melakukannya, korupsi itu menyenangkan. Tapi, mereka juga harus tahu, bahwa di balik kesenangan mereka korupsi itu tidak menyenangkan, bahkan menyengsarakan. Dan pada dasarnya korupsi memang tidak menyenangkan. Kehidupan orang-orang yang melakukan tindak korupsi tidak tenang. Memang, mereka terlihat bahagia dengan hasil korupsi mereka. Padahal mereka sudah menerima gaji dan tunjangan hidup yang cukup besar dari pemerintah. Apalagi jika ada studi keluar negeri bisa anda bayangkan berapa pundi-pundi uang yang mengalir ke rekening mereka. Tetapi tetap saja mereka melakukan kebiasaan mereka yaitu korupsi.
Kasus-kasus korupsi di Indonesia sebenarnya sudah sangat mengkhawatirkan. Dengan sangat mudah kita bisa menemukan berita kasus korupsi di mana-mana. Membuka surat kabar, terdapat berita korupsi. Menonton televisi, terdapat pula berita korupsi. Bahkan, mungkin kita merasa bosan dengan berita korupsi. Tapi korupsi bukanlah kasus yang terjadi pada suatu waktu dan akan menghilang begitu saja di waktu yang lain. Seperti yang kita tahu, memberantas korupsi sangatlah sulit. Kurangnya kesadaran para pelaku korupsi terhadap dampak perbuatan mereka adalah salah satu faktor yang menambah kesulitan dalam memberantas korupsi. Tapi, jika semua orang Indonesia menyadari bahwa korupsi adalah perbuatan yang merugikan banyak pihak, merugikan negara, bahkan dapat merusak masa depan bangsa, niscaya tak akan ada lagi kasus korupsi di Indonesia. Tak terbayangkan alangkah makmurnya rakyat Indonesia, alangkah indahnya kehidupan di Indonesia, alangkah majunya negara Indonesia. Itulah cita-cita dan keinginan kita semua sebagai Warga Negara Indonesia untuk negara kita tercinta ini.

Masa depan bangsa dan negara Indonesia tergantung dari apa yang terjadi di Indonesia sekarang, dan apa yang dilakukan sekarang. Jika sekarang kita terus membiarkan korupsi merajalela di Indonesia, maka bisa saja beberapa tahun ke depan Indonesia hanya tinggal sejarah karena kacaunya perekonomian Indonesia akibat korupsi. Karena itu, marilah kita perbaiki masa depan bangsa dan negara Indonesia dengan berusaha untuk memberantas korupsi. Kita berikan dukungan pada KPK untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberantas korupsi. Jangan sampai di masa depan, Indonesia menjadi negara yang terpuruk karena korupsi. Jangan kotori tangan kita dengan korupsi karena kunci masa depan Indonesia ada di tangan kita sebagai Warga Negara Indonesia.
Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semua yang berbau korupsi sangat berdampak negatif untuk diri kita sendiri dan orang lain. Apalagi kita tahu indonesia memiliki sumber daya yang sangat melimpah. Banyak kalangan yang menilai indonesia pada awalnya sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Apalagi di negara kita ini beragama mayoritas muslim. Bahkan muslim terbanyak di dunia sampai saat ini. Dan ajaran agama islam sangat melarang sekali bahkan mengharamkan untuk korupsi. Untuk itu kita sebagai generasi muda harusnya membangun dan menggunakan sumberdaya itu demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara kita. Bukan malah korupsi seperti apa yang dicontohkan anggota dewan pemerintahan kita sekarang ini. Untuk itu tanamkan kebencian terhadap korupsi sedini mungkin. Agar nantinya semua kebahagiaan dan kesejahteraan dapat dirasakan oleh anak cucu kita nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar