Minggu, 18 Oktober 2009

Mengamankan File dan Folder

Ada salah satu kelebihan Windows Vista adalah kemampuan untuk mengenkripsi file maupun folder. Dengan dibikinnya suatu enkripsi, maka file atau folder yang lo punya nggak akan dapat diakses sama user lain.

Nih cara enkripsi, ikutin langkah-langkah berikut:
1 . lo Buka dulu Windows Explorer, trus lo buka ato cari folder yg mau lo enkripsi.
2 . abis itu, lo klik kanan aja pada folder atau file yang mau lo enkripsi, trus lo pilih [Properties].
3 . Dari jendela properti folder, klik tombol [Advanced] ada di tab [General].
4 . lo kasih tanda cek Encrypt content to secure data.
5 . Klik [OK] dan kemudian [OK] lagi. Nama file atau folder akan berubah menjadi hijau yang soalnya file/folder itu sudah terenkripsi.

Apabila lo mau mengenkripsi sebuah folder kemudian memasukkan beberapa file ke dalam folder tersebut, secara otomatis file yang ada di dalamnya akan ikut terenkripsi. tapi, jika lo mau ngeluarin dari foldernya, file tadi akan terdekripsi. Hal kaya gini ini tidak berlaku jika yang lo enkripsi adalah file. Enkripsi tetap berlaku, nggak masalah di manapun lo taro.

Untuk mendekripsi file atau folder, ulangi proses di atas, tapi pada langkah ke empat apus kotak cek Encrypt Content to Secure Data. Pastikan lo melakukan dekripsi dari akun yang sama dengan akun yang digunakan untuk enkripsi. Soalnya, proses dekripsi ini nggak akan berhasil jika dilakukan dari akun lain.inget tuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar