Kamis, 23 Desember 2010

SIX KEYS TO BEING EXCELENT AT ANYTHING

1. Pursue what you love.
Dalam hidup setiap manusia pasti mempunyai mimpi dan keinginan. Jika mimpi tersebut ingin menjadi kenyataan, manusia itu harus berusaha dan berdoa. Berusaha itu penting sebab dengan berusaha segala apapun keinginan dan harapan kita dapat terwujud. Usaha itu pun harus diimbangi dengan doa. Doa itu sebenarnya kita diwajibkan mengingat kepada Tuhan dan bersyukur atasa apa yang Ia berikan selama ini. Karena sebaik apa pun kita berusaha, tanpa diimbangi dengan doa maka hasilnya pun sia-sia. Oleh karena itu seharunya kita membiasakan diri kita untuk selalu berusaha sekeras mungkin demi sesuatu yang kita sukai atau kita cintai. Ada juga sebagian orang berkata “choose your job with love”. Maksudnya adalah kita harus melakukan semua pekerjaan dengan rasa cinta. Karena dengan rasa cinta segala sesuatu akan menjadi ringan dengan sendirinya. Dan akhirnya cita-cita kita dapat tercapai.
2. Do the hardest work first.
Setiap usaha yang kita lakukan itu semata-mata karena sesuatu yang kita inginkan. Untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, semua itu harus di dasari dengan kerja keras. Agar hasilnya maksimal. Kita seharusnya melakukan kerja keras dulu apapun itu hasilnya yang terpenting kita sudah mau berusaha. Karena semua kesuksesan seseorang terletak dari seberapa keras dia mau berusaha dan bekerja. Yang terpenting adalah lakukanlah semua hal dari yang mulai tersulit dahulu. Karena dengan begitu kita jadi terbiasa menyelesaikan suatu masalah yang ada dihadapan kita. Atau jika kita ingin sesuatu hendaknya kita harus berusaha sekeras mungkin agar hasilnya maksimal.
3. Practize intensely
Practice makes perfect. Mungkin itulah semboyan yang biasa diucapkan seseorang yg ingin berhasil atau sukses. Semua kesuksesan seseorang bukanlah karena orang lain. Tetapi karena diri orang itu sendiri. Dan kesuksesan atau keberhasilan seseorang dapat diukur dari seberapa keras usaha dari diri dia sendiri dan itu semua bukan hal yang instan. Semua butuh proses dan pengorbanan. Sebagai contoh jika kita ingin sukses dalam bidang IT, hendaknya kita mau dan membiasakan diri berkecimpung dalam bidang komputer. Setiap hari berlatih mengerjakan sesuatu dengan komputer. Atau dengan kata lain membuat program-program sederhana dan sebagainya. Itu semua harus dilakukan setiap hari. Dengan berlatih setiap hari atau sesering mungkin bukan tidak mungkin suatu saat nanti kita dapat menjadi seorang programer sejati.
4. Seek the expert for help
Apabila dalam bekerja atau beraktifitas lain kita mengalami kesulitan, hendaknya kita harus bertanya atau mencari informasi dari seseorang yang lebih mengerti dari apa yang kita kerjakan. “malu bertanya sesat dijalan” ya mungkin semboyan itu sengat cocok. Karena bukan mahluk yang independen. Kita butuh orang lain. Dan apabila kita sedang mengalami kesulitan alangkah baiknya kita share dengan orang lain. Berbagi ilmu itu sangat baik. Karena ilmu seseorang tidak akan pernah habis walaupun sudah dibagikan kepada orang lain.

5. Take renewal for break / refreshing.
Setelah melaksanakan pekerjaan kita pasti menemukan titik jenuh, refreshing adalah jawaban yang tepat untuk mengatasinya. Refreshing terdapat bermacam-macam misalnya istirahat, jalan-jalan, melakukan hobi dan lain-lain. Untuk saya pribadi biasanya refreshing dengan melakukan hobi. Akan tetapi perlu anda ingat, jangan terlalu asik refresing sehingga melupakan pekerjaan anda.
6. Ritualize
Setelah kita berusaha semaksimal mungkin tidak lupa kita untuk beribadah dan berdoa. Ini merupakan prinsip yang paling penting dalam kehidupan selain berusaha, Dengan kita beribadah dan berdoa kita dapat mendekatkan diri kepada NYA untuk meminta restu dari tuhan agar pekerjaan anda berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar