Jumat, 25 Desember 2009

organisasi fungsional

organisasi ini didasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut, seperti fungsi produksi, keuangan, personalia, administrasi, dan sebagainya. dalam organisasi fugnsional, seorang karyawan tidak bertanggung jawab kepada satu atasan saja. pimpinan berwnang pada satuan organisasi di bawahnya untuk bidang pekerjaan tertentu. pimpinan berhak memerintah semua karyawan di semua bagian selama masih ada hubungannya dengan bidang pekerjaan dimaksud.

pada jenis organisasi ini, terdapat sejumlah spesialis fungsional yang mengawasi kegiatan masing-masing karyawan, sehingga berbagai unit staff mempunyai wewenang garis atas orang yang samam.
sebagaimana dua struktur organisasi sebelumnya, dalam organisasi fungsional juga di jumpai adanya kebaikan dan keburukan.

kebaikannya adalah:
1. adanya pembagian tugas yang jelas.
2. specialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
3. masing-masing fungsi depegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya.


keburukannya adalah:
1. tidak adanya kesatuan perintah karena karyawan dapat menerima perntah dari beberapa atasan yang sama-sama mempunyai kekuasaan.
2. karyawan yang telah merasa ahli dalam bidangnya sulit bekerja sama, karen masing-masing bidang specialisnya yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar